Minggu, 02 Oktober 2016

Proposal Bantuan Buku Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perpustakaan sekolah adalah bagian integral lembaga pendidikan formal di lingkungan pendidikan dan sebagai sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan  dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan hidup di masa yang akan datang. Perpustakaan sekolah harus memenuhi standar perpustakaan yang ideal yang terdiri atas sarana dan prasarana yang memadai, koleksi yang lengkap, jam buka yang sesuai dengan kebutuhan komunitas sekolah, jenis layanan sesuai kebutuhan, iklim dan suasana yang menyenangkan, dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, yang dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi yang ditetapkan. Hal ini mengacu dari Undang-Undang RI No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Bagian ketiga pasal 23 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.
Menurut Sulistyo Basuki, 1993: 50), perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Sedangkan menurut Sulistia, dkk. (2011: 1.10 – 1.13) fungsi pertama perpustakaan sekolah ialah menjadi pusat layanan bahan-bahan pustaka bagi siswa dan guru, fungsi kedua ialah memberi bimbingan membaca dalam rangka peningkatan minat baca, dan fungsi ketiga ialah sebagai pengikat pengalaman belajar siswa selama di sekolah.
Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat  dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.
Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar berupaya melakukan peningkatan peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi dan misi sekolah. Yaitu dalam hal program pengadaan buku perpustakaan, agar perpustakaan sekolah sebagai pusat belajar bagi seluruh civitas sekolah  dapat terealisasi secara optimal.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud pembuatan proposal ini adalah mendapatkan bantuan dalam hal koleksi buku-buku untuk pengembangan Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar dengan tujuan menjadikan Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar sebagai pusat dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam mencapai visi dan misi sekolah.

C. Manfaat
Adapun manfaat proposal ini sebagai berikut:
1.    Bagi Siswa
-       Tersedianya bahan bacaan dan pembelajaran bagi pengembangan ilmu pengetahuan bagi siswa.
-       Tersedianya sarana sumber belajar bagi penunjang proses pembelajaran.
2.    Bagi Guru
-     Tersedianya bahan rujukan dalam proses pembelajaran.
3.    Bagi Sekolah
-     Sebagai pusat dan sumber belajar bagi seluruh civitas sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam mencapai visi dan misi sekolah.










BAB II
GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN
SMP NEGERI 12  KOTA MAKASSAR

A. Sejarah Sekolah
            Dalam pasal 50 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan: “pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan Unggulan”. Atas dasar itulah maka Pemerintah Kota Makassar berupaya mewujudkan suatu lembaga pendidikan yang bermutu sekaligus sebagai model pendidikan untuk sekolah lain yang Unggulan. Potensi daerah dan sumber daya manusia yang tersedia dinilai mampu untuk mewujudkan cita-cita tersebut.                    
           
B.  Kondisi Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar
Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar berusaha meningkatkan diri dan kualitas agar fungsi dan tujuan perpustakaan dapat tercapai terutama dalam hal untuk membantu tercapainya visi dan misi sekolah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar adalah menerapkan layanan perpustakaan berbasis komputerisasi dan teraoutomasi. Namun tentu saja masih terdapat banyak kendala dikarenakan masa operasionalnya yang masih sangat singkat. Kendala tersebut terutama dalam hal jumlah koleksi yang masih sangat terbatas.
Adapun gambaran umum koleksi Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar adalah sebagai berikut:









Koleksi
Kategori Koleksi Untuk Kelas:
Jumlah
VII
VIII
IX
All

Buku Pokok





Buku Penunjang





Buku Bacaan





Koleksi Multimedia





Jumlah






            Dengan rekapitulasi koleksi sebagai berikut:
1.      Non Fiksi              : ….. eksemplar
2.      Fiksi                      : ….. eksempar
Total                      : ….. eksemplar (dari …. judul)
Jumlah tersebut tentu saja belum mencukupi apabila dibandingkan dengan jumlah civitas akademika SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar seluruhnya yang mencapai …. murid dan …. orang guru/karyawan. Adapun jumlah murid Tahun Pelajaran 20156/2017 menurut rombel adalah sebagai berikut:

Kelas:
A
B
Jumlah
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml
Kelas VII









Kelas VIII









Kelas IX









Jumlah










Maka dari itu, penambahan koleksi untuk Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar mutlak diperlukan.






B.  Rencana Pengembangan Koleksi
Berdasarkan permasalahan di atas, Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar mempunyai rencana dan program kerja untuk pengembangan koleksi.
No
Uraian Program Kerja Pengembangan Koleksi
Pelaksana
Waktu
1
Mengirimkan proposal bantuan ke institusi terkait
Pustakawan
Juli-Desember 2016
2
Membuat edaran bantuan buku kepada orang tua/wali murid
Pustakawan
Januari-Juni 2017 /
akhir tahun pelajaran 2016/2017



















BAB III
     PENUTUP

Demikian proposal permohonan bantuan koleksi ini kami susun dengan harapan agar program kerja Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar terutama dalam rangka pengembangan koleksi dapat tercapai dengan baik, semata-mata demi tercapainya fungsi dan tujuan perpustakaan.
Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar. Peran serta semua pihak tentunya sangat diharapkan demi realisasi program pengembangan koleksi Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar.


Pustakawan




………………..
Mengetahui,
Kepala Sekolah




……………………….













Tidak ada komentar:

Posting Komentar