BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perpustakaan
sekolah adalah bagian integral lembaga pendidikan formal di lingkungan
pendidikan dan
sebagai sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk
memiliki keterampilan hidup di masa yang akan datang. Perpustakaan sekolah
harus memenuhi standar perpustakaan yang ideal yang terdiri atas sarana dan
prasarana yang memadai, koleksi yang lengkap, jam buka yang sesuai dengan
kebutuhan komunitas sekolah, jenis layanan sesuai kebutuhan, iklim dan suasana
yang menyenangkan, dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, yang
dikelola oleh tenaga perpustakaan yang memenuhi standar kualifikasi dan
kompetensi yang ditetapkan. Hal
ini mengacu dari Undang-Undang RI No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Bagian
ketiga pasal 23 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap sekolah/madrasah
menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan
dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.
Menurut Sulistyo Basuki, 1993: 50), perpustakaan
sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola
sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah
untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya.
Sedangkan menurut Sulistia, dkk. (2011: 1.10 – 1.13) fungsi
pertama perpustakaan sekolah ialah menjadi pusat layanan bahan-bahan pustaka
bagi siswa dan guru, fungsi kedua ialah memberi bimbingan membaca dalam rangka
peningkatan minat baca, dan fungsi ketiga ialah sebagai pengikat pengalaman
belajar siswa selama di sekolah.
Mengingat pentingnya peran perpustakaan
sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan
sekolah benar-benar terwujud. Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga
pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna
merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah
harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan
tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak
terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis
dan tidak mendidik.
Dari berbagai sudut pemikiran diatas,
Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar berupaya melakukan peningkatan
peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi dan misi
sekolah. Yaitu dalam hal program pengadaan buku perpustakaan, agar perpustakaan
sekolah sebagai pusat belajar bagi seluruh civitas sekolah dapat terealisasi secara optimal.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud pembuatan proposal ini adalah
mendapatkan bantuan dalam hal koleksi buku-buku untuk pengembangan Perpustakaan
SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar dengan tujuan menjadikan Perpustakaan SMP
Negeri 12 Makassar Kota Makassar sebagai pusat dan sumber belajar warga sekolah
guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam mencapai visi dan
misi sekolah.
C. Manfaat
Adapun
manfaat proposal ini sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
- Tersedianya bahan bacaan dan pembelajaran bagi pengembangan ilmu
pengetahuan bagi siswa.
- Tersedianya sarana sumber belajar bagi penunjang proses
pembelajaran.
2. Bagi Guru
- Tersedianya bahan rujukan dalam proses pembelajaran.
3. Bagi Sekolah
- Sebagai pusat dan sumber belajar bagi seluruh civitas sekolah guna
mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam mencapai visi dan misi sekolah.
BAB II
GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN
SMP NEGERI 12 KOTA MAKASSAR
A. Sejarah Sekolah
Dalam
pasal 50 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan: “pemerintah dan/atau pemerintah
daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua
jenjang untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan Unggulan”. Atas dasar
itulah maka Pemerintah Kota Makassar berupaya mewujudkan suatu lembaga
pendidikan yang bermutu sekaligus sebagai model pendidikan untuk sekolah lain
yang Unggulan. Potensi daerah dan sumber daya manusia yang tersedia dinilai
mampu untuk mewujudkan cita-cita tersebut.
B. Kondisi Perpustakaan SMP
Negeri 12 Makassar Kota Makassar
Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota
Makassar berusaha meningkatkan diri dan kualitas agar fungsi dan tujuan
perpustakaan dapat tercapai terutama dalam hal untuk membantu tercapainya visi
dan misi sekolah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Perpustakaan SMP
Negeri 12 Makassar Kota Makassar adalah menerapkan layanan perpustakaan
berbasis komputerisasi dan teraoutomasi. Namun tentu saja masih terdapat banyak
kendala dikarenakan masa operasionalnya yang masih sangat singkat. Kendala
tersebut terutama dalam hal jumlah koleksi yang masih sangat terbatas.
Adapun gambaran umum koleksi
Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar adalah sebagai berikut:
Koleksi
|
Kategori Koleksi Untuk Kelas:
|
Jumlah
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
All
|
||
Buku Pokok
|
|||||
Buku Penunjang
|
|||||
Buku Bacaan
|
|||||
Koleksi
Multimedia
|
|||||
Jumlah
|
Dengan rekapitulasi koleksi sebagai
berikut:
1.
Non Fiksi : ….. eksemplar
2.
Fiksi :
….. eksempar
Total :
….. eksemplar (dari …. judul)
Jumlah
tersebut tentu saja belum mencukupi apabila dibandingkan dengan jumlah civitas
akademika SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar
seluruhnya yang mencapai …. murid dan …. orang guru/karyawan. Adapun jumlah
murid Tahun Pelajaran 20156/2017 menurut rombel adalah sebagai berikut:
Kelas:
|
A
|
B
|
Jumlah
|
||||||
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
|
Kelas VII
|
|||||||||
Kelas VIII
|
|||||||||
Kelas IX
|
|||||||||
Jumlah
|
Maka dari itu, penambahan koleksi untuk
Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar mutlak diperlukan.
B. Rencana Pengembangan
Koleksi
Berdasarkan permasalahan di
atas, Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar mempunyai rencana dan
program kerja untuk pengembangan koleksi.
No
|
Uraian Program Kerja
Pengembangan Koleksi
|
Pelaksana
|
Waktu
|
1
|
Mengirimkan proposal bantuan ke institusi terkait
|
Pustakawan
|
Juli-Desember 2016
|
2
|
Membuat edaran bantuan buku kepada orang tua/wali murid
|
Pustakawan
|
Januari-Juni 2017 /
akhir tahun pelajaran 2016/2017
|
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal permohonan bantuan
koleksi ini kami susun dengan harapan agar program kerja Perpustakaan SMP
Negeri 12 Makassar Kota Makassar terutama dalam rangka pengembangan koleksi
dapat tercapai dengan baik, semata-mata demi tercapainya fungsi dan tujuan
perpustakaan.
Program kerja ini diharapkan dapat
menjadi titik awal kemajuan Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar.
Peran serta semua pihak tentunya sangat diharapkan demi realisasi program
pengembangan koleksi Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar Kota Makassar.
Pustakawan
………………..
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
……………………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar